Pameran automotif Indonesia International Motor Show (IIMS) akan kembali digelar pada 19 sampai 29 April 2018 | PT Rifan Financindo Berjangka
"Penyelenggaraan IIMS 2018 juga semakin meningkat melalui beragam innovasi baru dan canggih seperti NFC dan tiket Infinite Experience yang tentunya akan memberikan kenyamanan kepada para pengunjung”, ujar Hendra Noor Saleh, dalam acara media Gathering IIMS 2018, di Veranda Hotel, Jakarta Selatan.
Selama pameran berlangsung, para pengunjung akan dimanjakan oleh lebih 30 program acara unggulan. Salah satunya adalah kehadiran El Toro Loco atau Monster Jam yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat di area IIMS The Wheels of Giant.
Selain itu, IIMS 2018 juga akan semarak dengan hadirnya dua brand kendaraan roda empat baru asal negara Cina yaitu DFSK dan Wuling Motors. Sementara untuk brand roda dua rencanya akan diisi oleh beberapa brand dari Jepang, Korea dan Eropa. Seluruh brand roda dua seperti Aprilia, BMW Motorrad, Kawasaki, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield dan Vespa akan menempati Hall C.
Project Director IIMS, Hendra Noor Saleh mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh brand otomotif dan industri pendukung yang berpartisipasi dalam IIMS 2018. Menurutnya, keikutsertaan mereka menandakan peran penting IIMS 2018 dalam industri otomotif di Indonesia dan semakin meningkatnya kepercayaan terhadap kualitas pameran ini.
Menjelang penyelenggaraan IIMS 2018, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara telah melakukan berbagai persiapan khusus serta koordinasi teknis dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pameran otomotif ini.
Dari segi kepesertaan pameran, beberapa peserta baik dari brand kendaraan roda dua dan roda empat telah memastikan keikutsertaannya. Hingga hari ini, deretan brand roda empat ternama seperti Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Honda, Hyundai, Mazda, MINI, Mitsubishi Motors, Mercedes-Benz, Suzuki, Toyota dan VW akan menempati Hall A dan D area JIExpo Kemayoran.
Setelah sukses membukukan total transaksi Rp3,2 triliun pada 2017, Pameran automotif Indonesia International Motor Show (IIMS) akan kembali digelar pada 19 sampai 29 April 2018. Pameran yang diadakan setiap satu tahun sekali itu mengambil lokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Pameran Otomotif IIMS 2018 Incar Transaksi Rp 3,3 Triliun | PT Rifan Financindo Berjangka
IIMS 2018 akan diramaikan 15 jenama kendaraan roda empat dan delapan jenama kendaraan roda dua.
Dari roda empat terdapat Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, MINI, Mitsubishi Motors, Mercedes-Benz, Suzuki, Toyota, VW dan Wuling.
Sedangkan dari roda dua ada Aprilia, BMW Motorrad, Kawasaki, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield dan Vespa.
Hendra mengaku kepastian kehadiran jenama-jenama di IIMS 2018 didapatkan Dyandra dengan para APM masing-masing.
"Kalau kemudian di lapangan besok apakah yang melaksanakan APM sendiri atau dia mendelegasikan dealer tentu itu di luar kewenangan kami," katanya.
Hendra juga menyatakan target nilai transaksi yang ditetapkan tersebut naik lima persen dibandingkan pencapaian IIMS 2017 senilai Rp3,2 triliun lewat transaksi 10.000 unit mobil dan 1.000 unit sepeda motor.
Pun demikian, Hendra menegaskan angka tersebut adalah sebuah data yang didapatkan dari laporan-laporan peserta IIMS 2017, sedangkan menurut dia tidak seluruhnya peserta melaporkan transaksi yang berlangsung di ajang tersebut setiap tahunnya.
Lagi-lagi, Hendra menuturkan bahwa angka tersebut tidak bisa serta merta menjadi tolok ukur data valid IIMS 2017 sebab setidaknya dua tingkat saringan untuk pembentukan data tersebut.
"Yang melapor mungkin tidak sampai 70 persen. Yang kedua, yang melapor juga kita tidak bisa memastikan ataupun memaksa dia memang memberikan data 100 persen dari aktivitas penjualan," ujarnya.
"Buat saya pribadi yang bisa dijadikan patokan adalah tahun depan dia ikut lagi atau tidak," kata Hendra selepas konferensi pers praacara perdana IIMS 2018 di Jakarta, Selasa, 20 Februari.
Lebih lanjut, Hendra menuturkan ia di setiap tahun selalu berkeliling ke setiap anjungan peserta menjelang penutupan IIMS.
"Dan ekspresi itu tidak bisa berbohong. Kemudian setelah itu, ketika kita approach untuk IIMS berikutnya dibandingkan sambutannya paralel nggak dengan ekspresinya, kalau sesuai ya berarti dia laku," kata Hendra.
Dalam kata lain, itu bisa menjadi tolok ukur yang lebih relevan dalam menentukan kesuksesan pameran otomotif yang ia selenggarakan walaupun tidak berbentuk alat ukur yang baku ataupun angka.
Penyelenggara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, PT Dyandra Promosindo, membidik angka kunjungan mencapai 525.000 pengunjung dan nilai transaksi Rp3,3 triliun selama 11 hari penyelenggaraan pada 19-29 April 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Meski menetapkan target pengunjung dan nilai transaksi, Project Director IIMS 2018 Hendra Noor Saleh menegaskan bahwa angka-angka tersebut bukan sebuah tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan ajang tahunan tersebut.
Hendra secara pribadi menilai bahwa kemauan peserta, baik itu dari Agen Pemegang Merek (APM) maupun asosiasi-asosiasi industri penunjang otomotif untuk kembali ambil bagian di IIMS 2018 atau edisi mendatang adalah aspek yang lebih penting.
Kesempatan Mencoba Mobil Listrik Mewah di IIMS 2018 | PT Rifan Financindo Berjangka
IIMS akan menghadirkan lebih dari 350 perusahaan dan menargetkan lebih dari 525000 pengunjung dengan nilai transaksi Rp 3.3 triliun. IIMS 2018 juga didukung platform aplikasi Bukalapak sebagai sponsor utama. "Sebagai upaya untuk menjadi solusi platform digital bagi masyarakat Indonesia dan memperluas eksosistem digital di Bukalapak, kami berkomitmen untuk turut andil dalam event IIMS 2018 kali ini," kata VP of Marketing Bukalapak, Bayu Syerli. Bukalapak akan menyediakan layanan pembelian mobil secara online. Juga asesoris yang dipamerkan di IIMS 2018. "Kami juga bekerjasama dengan perusahaan leasing untuk memudahkan transaksi konsumen," tambahnya.
Selain mobil listrik milik pabrikan, area ujicoba ini akan menjadi 'panggung' bagi mobil-mobil eksperimental hasil pengembangan mahasiswa. Menurut Kohen panggilan akrab Hendra Noor Saleh, selama tiga tahun terakhir IIMS, mobil-mobil eksperimental itu hanya dipajang. Dan ternyata impactnya terhadap masyarakat tidak besar. Masih sedikit yang memberi perhatian pada hasil karya anak bangsa itu. "Nah dengan memberi kesempatan ujicoba, kami harapkan memberi imbas lebih besar," kata Kohen. Dengan menyentuh lebih banyak orang, diharapkan dukungan pada karya-karya itu akan lebih besar.
Dengan kehadiran area test drive ini maka luas area test drive tahun ini lebih besar. Menurut Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo, yang sudah memastikan menyiapkan model listrik untuk di ujicoba adalah Mercedes-Benz. "Mercedes-Benz akan mendatangkan mobil full listrik yang nantinya bisa diujicoba," terangnya.
Untuk pertamakalinya pameran otomotif Indonesia International Motor Show menyiapkan area khusus test drive mobil listrik. Pengunjung mendapat kesempatan untuk mencoba mobil listrik produksi massal pabrikan maupun mobil listrik karya mahasiswa yang tarafnya masih eksperimental.