Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4 wheels (4W) mencatat hasil penjualan wholesales 111.660 unit | PT Rifan Financindo Berjangka
Kalau sekarang sekitar 10,35 persen, kami harapkan tahun ini bisa menjadi 11 persen. Yang penting kita masih masuk dalam lima besar di Indonesia," kata Donny di tempat sama. Penjualan Suzuki tahun lalu terbesar masih disumbangkan Ertiga sekitar 35.338 unit, selanjutnya Ignis 14.157 unit, Karimun Wagon R sekitar 5.408 unit, SX4 S-Cross 2.696 unit, Baleno hatchback 2.548 unit, dan segmen komersial disumbangkan Carry pikap dan APV pikap 44.856 unit.
"Kalau menurut kita pangsa pasar itu yang penting, jadi kita tahun ini harus bisa meningkatkan. Tetapi sejauh ini kita sudah cukup puas dengan pencapaian tahun lalu," kata Donny.
Lantas, target tahun ini bagaimana apakah akan mencoba untuk merebut posisi empat, karena tahun ini ada beberapa produk baru yang diluncurkan, termasuk Ertiga generasi terbaru.
Menjawab pertanyaan KOMPAS.com, Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS 4W menjelaskan bahwa sama sekali tidak punya target untuk menggeser atau naik peringkat. Fokus tahun ini meningkatkan pangsa pasar.
Hasil itu tidak terlepas dari kinerja dan respon positif masyarakat Indonesia," ujar Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS di Jakarta, Rabu (7/3/2018) malam.
Pencapaian tersebut menjadikan Suzuki menjadi merek otomotif terlaris kelima di Indonesia. Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), urutan pertama dipegang Toyota, selanjutnya Honda, Daihatsu, Mitsubishi, dan kelima Suzuki.
Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4 wheels (4W) mencatat hasil penjualan wholesales 111.660 unit pada 2017 atau tumbuh 20 persen dibanding 2016, menjadi 92.950 unit. Pangsa pasar juga ikut terkerek dari 8,75 persen jadi 10,35 persen pada level distribusi pabrik ke diler.
Data ritel (diler ke konsumen) juga ikut tumbuh 9,5 persen menjadi 107.185 unit dari tahun sebelumnya hanya 97.872 unit. Pangsa pasar juga otomatis meningkat dari tahun lalu hanya 9,1 persen menjadi 10,02 persen.
Penjualan Motor Sport Suzuki Naik Gila-gilaan | PT Rifan Financindo Berjangka
Kontribusi tertinggi penjualan Suzuki itu dari segmen motor sport, yakni GSX series. "Dari 1.651 unit pada 2016 menjadi 39.725 unit pada 2017. GSX-R150 40 persennya, sisanya GSX-S150," ujarnya di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018.
Sementara itu, motor matik Address terjual 9.547 unit, yang berkontribusi terhadap penjualan Suzuki sebesar 13 persen. Segmen underbone menyumbang 25 persen, di mana catatan penjualan Satria FU sebesar 15.186 unit.
"Untuk 2018, kami akan menjawab ekspektasi konsumen dengan menghadirkan beberapa pilihan produk baru, program penjualan, pelayanan purna jual, serta acara-acara menarik lainnya," katanya.
Tapi, Suzuki berhasil mencetak pertumbuhan penjualan sebesar 27 persen. Kata dia, penjualan wholesales atau pabrik ke diler Suzuki pada tahun lalu tercatat 72.191 unit, dengan pangsa pasar 1,2 persen.
Sales and Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales Divisi Roda Dua Yohan Yahya mengatakan, secara nasional pasar roda dua turun 0,8 persen.
Usaha Suzuki Indonesia meningkatkan penjualan sepeda motor akhirnya membuahkan hasil. Pada 2017, mereka meluncurkan dua motor sport yang cukup banyak diminati konsumen.
Motor yang dimaksud adalah GSX-R150 dan GSX-S150. Dua motor ini bisa memikat hati konsumen, berkat desainnya yang menarik serta banderol di bawah kompetitor.
Suzuki Siapkan 11 Motor Baru di 2018, Burgman Segera Dirilis? | PT Rifan Financindo Berjangka
"Banyak prestasi yang telah kami capai seperti peluncuran sports bike GSX-R150 yang mampu menarik minta anak muda di perkotaan sehingga berkontribusi penjualan di wilayah Jabodetabek yang melompat dari 29,2 persen menjadi 36,6 persen," katanya.
Suzuki juga berencana memperkuat jaringan penjualan dan memperluas penetrasi pasar agar menjangkau lebih banyak konsumen, sekaligus menargetkan unit entry servis sebesar 700.000 unit sepeda motor dengan cara peningkatan kualitas layanan, menjaring kerjasama dengan bengkel mitra dan peningkatan mutu mekanik.
Meski demikian, Yohan mengakui pasar skuter matik cukup menjanjikan. Namun, Suzuki masih akan melihat perkembangan pasar terlebih dahulu. Saat ini, penjualan Yamaha Nmax di angka 20 ribuan per bulan. "Ya bisa 150cc, bisa lebih," ujarnya.
Pada saat ini, Suzuki mengatakan market terbesar matik adalah di kapasitas 110-125cc. "Kami juga fokus di situ," ujarnya.
Menurut dia, Suzuki akan berhati-hati melihat pasar. Semua segmen pasar yang digeluti kompetitor akan terus dipantau. Sepanjang tahun 2017 yang membukukan pertumbuhan penjualan tertinggi sebesar 27 persen dari 56.284 unit pada 2016 menjadi 72.191 unit pada tahun lalu. Fokus utama masih di segmen matik dan motorsport. Model sport GSX-R150 yang menjadi tulang punggung penjualan mereka setelah terjual 28.982 unit pada tahun lalu.
Suzuki Burgman belum lama ini telah dirilis di India. Menggunakan mesin 125cc berpendingin udara, motor ini diberi nama Burgman Street. Secara fisik tampilannya gambot tak kalah dari Yamaha Nmax dan Honda PCX.
Sales and Marketing 2Wheel Department Head PT SIS, Yohan Yahya mengatakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan memperkenalkan 11 model sepeda motor baru pada 2018 untuk meningkatkan pangsa pasar. Tahun ini, Suzuki mematok target penjualan 2 persen dengan kenaikan dibandingkan pangsa pasar tahun lalu sekitar 1 persen.
"Karena pasar yang paling besar matic, ya sebagian besar (produk baru) matik," ujar Yohan, Rabu 7 Maret 2018. Kemungkinan Suzuki Burgman akan mengaspal dalam waktu dekat, Yohan berkelit," Burgman kan 200cc." Dicecar soal Suzuki Burgman 150 sebagai pesaing Yamaha Nmax dan Honda PCX, ia menjawab," Nanti saja lah."